5 Makanan Populer Jepang pada Musim Dingin

0

Ayo share ya minna

Musim dingin, Fuyu, di Jepang berlangsung pada bulan Desember hingga Februari dalam hitungan kalender. Namun suhu dingin masih terasa hingga bulan Maret. Orang Jepang memiliki kebiasaan tersendiri tergantung musim yang berjalan. Jika pada musim panas mereka akan banyak berkunjung ke pantai.

Kebiasaan ini juga berlaku pada jenis makanan yang mereka makan. Pada musim dingin orang Jepang akan banyak menghabiskan makanan yang bisa menghangatkan tubuh. Lalu apa makanan favorit pada musim dingin? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi makanan populer Jepang pada musim dingin.

5 Makanan Populer Jepang pada Musim Dingin;

1.  Mirip Salju: Mochi and zenzai

Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. Ia memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket.

Zenzai adalah sup panas yang terbuat dari kacang azuki (kacang merah manis) dengan beberapa mochi dilemparkan untuk mengukur baik. Seperti terlihat pada gambar, biasanya Mochi dimasukkan ke dalam sup Zenzai dan dimakan selagi masih hangat.

2.  Cemilan Klasik di Kombini: Oden

Oden adalah masakan Jepang berupa berbagai bahan yang direbus di dalam kuah (dashi) yang antara lain dibuat dari katsuobushi, kombu, dan kecap asin. Bahan-bahan yang dimasukkan bisa beraneka ragam, dan tidak terbatas pada lobak, konnyaku, telur rebus, chikuwa, dan chikuwabu.

Oden lebih merupakan makanan yang dimakan di musim dingin, dimakan begitu saja selagi masih panas-panas. Makanan ini lebih merupakan jajanan atau sebagai teman minum sake. Beberapa potong isi oden ditusuk dengan tusukan dari bambu agar mudah dimakan. Oden biasanya dimakan dengan mustard, dengan pengecualian beberapa daerah di Jepang yang memakannya dengan saus manis dari miso.

3.  Buah-buahan: Mikan, Strawberries, Kaki and Yuzu

Pada musim dingin, buah-buahan ini paling mudah dicari di berbagai tempat. Mereka adalah Mikan(Jeruk), Strawberi, Kaki(buah Kesemek) dan Yuzu. Buah yang terakhir, Yuzu, mungkin mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun jika melihatnya secara langsung mungkin kita akan salah mengira bahwa buah tersebut adalah jeruk atau lemon. Mengapa demikian? Karena buah ini bentuknya mirip sekali dengan lemon, berbentuk bulat agak lonjong, serta kulit luar bertekstur kasar dan berwarna hijau hingga kuning (sesuai tingkat kematangannya). Buahnya yang sudah matang berwarna kuning, mirip sekali dengan lemon. Buah yang merupakan keturunan dari citrus ichangensis dan jeruk mandarin ini berasal dan banyak ditemukan di daerah Asia Timur seperti Cina dan Jepang.

4.  Makanan Lezat dan Beraroma Sedap: Sukiyaki and Shabu shabu

Sukiyaki adalah irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu di dalam panci besi yang dimasak di atas meja makan dengan cara direbus. Sukiyaki dimakan dengan mencelup irisan daging ke dalam kocokan telur ayam. Sayur-sayuran untuk Sukiyaki misalnya bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku (nama daun dari pohon keluarga seruni), jamur shiitake, dan jamur enoki. Sebagai pelengkap ditambahkan ito konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun berwarna bening atau sedikit abu-abu.

Shabu-shabu adalah makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri.

Selain irisan sangat tipis daging sapi, daging lain yang bisa dimakan secara shabu-shabu misalnya daging ayam, daging domba, ikan fugu, gurita dan ikan kakap. Gyūshabu adalah sebutan untuk shabu-shabu daging sapi. Di Hokkaido, shabu-shabu daging domba disebut Ramushabu. Shabu-shabu daging babi disebut Tonshabu atau Butashabu. Di Nagoya dikenal shabu shabu dengan ayam Nagoya Kōchinyang disebut Niwatorishabu.

5. Makanan Tahun Baru: Osechi Ryori

Osechi-ryōri adalah masakan yang disiapkan untuk menandai pergantian musim, dan sekarang digunakan untuk menyebut berbagai makanan istimewa untuk merayakan tahun baru di Jepang. Sering cuma disebut osechiatau shōgatsu-ryōri.

Makanan tahun baru ditata rapi di dalam kotak kayu bersusun yang disebut jūbako. Pada umumnya hanya lauk yang ditata di dalam kotak kayu bersusun yang bisa disebut masakan osechi. Kotak kayu bersusun untuk masakan osechi dipercaya sebagai perlambang keberuntungan yang berlipat-lipat.

Ayo share ya minna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar