Jepang Memperingati 7 Tahun Pasca Tsunami

0

Ayo share ya minna

 

Masyarakat Jepang menggelar upacara peringatan tujuh tahun gempa dan tsunami yang melanda Jepang timur laut pada 11 Maret 2011 lalu.

Pangeran dan Putri Akishino, Perdana Menteri Shinzo Abe, bersama para hadirin mengheningkan cipta pada Minggu (11/3/2018) pukul 2.46 siang waktu setempat, tepat saat gempa berkekuatan 9,0 itu terjadi.

Abe mengatakan, kemajuan yang pasti terlihat dalam pembangunan kembali di daerah-daerah yang terlanda bencana.

Menurut Abe, pemerintah akan terus melakukan pembangunan kembali dengan komitmen memberikan dukungan yang tak terputus melalui berbagai tahap memulihkan kembali kehidupan.

Pangeran Akishino mengungkapkan simpati yang mendalam bagi orang-orang yang terus melakukan upaya menuju pemulihan di tengah kesulitan.

Ia mengatakan hati rakyat bersama para korban, dan ia berharap mereka akan dapat melanjutkan kembali kehidupan yang damai sesegera mungkin.

Perwakilan keluarga korban juga berbicara dalam upacara itu. Hideko Igarashi dari Provinsi Fukushima menyesal tidak mengungsi lebih awal. Ia terpisah dari suaminya saat tsunami tiba.

Ia menyampaikan seandainya saja ia dapat mengatakan kata-kata sederhana,

“Mari menyelamatkan diri sekarang” ke suaminya.

Menurutnya, perasaan itu tidak pernah hilang. Ia mengatakan dirinya ingin terus membagikan pengetahuan bahwa hanya kitalah yang dapat menyelamatkan diri sendiri.

Para hadirin kemudian memberikan bunga bagi para korban.

BACA JUGA KENAPA ONE PIECE DAN DRAGON BALL TIDAK TAYANG LAGI

Selain di Tokyo, 300 warga setempat distrik Taro, kota Miyako, provinsi Iwate, berkumpul di sebuah tanggul laut hari Minggu (11/3/2018) ini guna mengenang para korban tsunami 7 tahun lalu.

Mereka bergandengan tangan dan mengheningkan cipta menghadap ke laut pada pukul 2.46 siang, bertepatan dengan waktu terjadinya gempa yang memicu tsunami yang melanda kawasan itu tanggal 11 Maret 2011.

Di distrik itu 181 orang meninggal setelah tsunami menghantam melampaui tanggul setinggi 10 meter dengan panjang 2,4 kilometer itu. Tanggul tersebut adalah salah satu tanggul terbesar di Jepang dan dibangun berdasarkan pengalaman tsunami di masa lalu.

BACA JUGA 10 DRAMA JEPANG DI NETFLIX

Provinsi Iwate tengah membangun sebuah tanggul baru di sisi laut tanggul yang lama. Bangunan baru itu setinggi 14,7 meter dan panjangnya 1,2 kilometer.

Iwate berencana melestarikan sebagian tanggul yang rusak itu untuk mengenang sejarah dan pelajaran berharga dari tsunami itu kepada generasi yang akan datang.(NHK)

 

 

Ayo share ya minna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar